http://baak.gunadarma.ac.id http://studentsite.gunadarma.ac.id http://ilab.gunadarma.ac.id

Sabtu, 14 April 2012

Tugas 4


Pembiayaan sektor Mikro & Pembiayaan Corporate
Sebelum saya menjelaskan tentang pembiayaan mikro & corporate saya akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari pembiayaan itu sendiri pembiayaan adalah kegiatan penyediaan dana atau barang modal dengan cara tidak menarik dana secara langsung dari masyarakat.
A.    Pengertian
Pembiayaan sektor mikro adalah pembiayaan yang diberikan kepada usaha mikro. Usaha mikro adalah usaha produktif milik keluarga atau perorangan Warga Negara Indonesia dan memiliki hasil penjualan paling banyak Rp.100.000.000,00 (seratus juta rupiah) per tahun.
tujuan adanya pembiayaan sektor micro adalah :
1.      Meningkatkan akses usaha mikro yang ada di masyarakat terhadap pelayanan pembiayaan di Lembaga Keuangan (LK) Pelaksanaan .

2.      Lembaga Keuangan (LK) Pelaksana sebagai agen pembangunan di daerah dapat melaksanakan fungsinya sehingga dapat mendukung peningkatan dan perkembangan usaha di sektor pertanian untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

3.      Fleksibilitas pembiayaan syariah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya masyarakat penghasilan rendah.

Pembiayaan corporate merupakan suatu pembiayaan perusahaan yang pada umumnya menggabungkan 3 bidang usaha menjadi satu perusahaan. Pembiayaan corporate umunya berusaha lebih dari satu jenis usaha pembiayaan ,itu semua sering disebut dengan perusahaan multifinance. Pembiayaan corporate merupakan badan usaha yang melaksanakan kegiatan usaha dari lembaga pembiayaan,tujuannya untuk mendapatkan keuntungan dam memaksimumkan kekayaan pemilik perusahaan .
Ada juga Corporate Governance in Indonesia (FCGI, 2000) menyatakan bahwa CG adalah seperangkat peraturan yang menetapkan hubungan antara pemegang saham, pengurus, pihak kreditur, pemerintah, karyawan serta para pemegang kepentingan internal dan eksternal lainnya sehubungan dengan hak-hak dan kewajiban mereka, atau dengan kata lain sistem yang mengarahkan dan mengendalikan perusahaan. Selain itu tujuan dari pembiayaan corporate diantarannya :
A.    Pemenuhan tujuan strategis perusahaan berupa peningkatan nilai saham dan value perusahaan.
B.     Pemenuhan tanggung jawab kepada stakeholders khususnya komunitas setempat.
C.     Dipatuhinya kerangka yurudis yang ada.

B.     Keuntungan
Menurut saya dari kedua pembiayaan tersebut yang lebih menguntungkan adalah pembiayaan sektor mikro karena usaha micro lebih banyak dipilih masyarakat selain itu usaha sector micro  tetap berkembang walau dalam situasi krisis ekonomi dan moneter serta Perputaran usaha (turn over) cukup tinggi, kemampuannya menyerap dana yang mahal dan dalam situasi krisis ekonomi kegiatan usaha masih tetap berjalan bahkan terus berkembang.
C.     Tantangan
Tantangan yang timbul dari kedua pembiayaan diatas :
Pembiayaan Mikro :
Kebanyakan tantangan dalam pembiayaan micro adalah kredit macet yang dikarenakan usaha yg dijalankan belum berkembang.
Pembiayaan Corporate :
Tantangan pembiayaan corporate adalah risiko perusahaan dalam memenuhi kewajiban pembayaran bunga dan pokok utang.

Sumber :
http://www.tamzis.com/index.php?option=com_content&task=view&id=102&Itemid=9 http://restafebri.blogspot.com/2009/03/pengertian-dan-kriteria-usaha-mikro_08.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar