http://baak.gunadarma.ac.id http://studentsite.gunadarma.ac.id http://ilab.gunadarma.ac.id

Senin, 14 Januari 2013

Peranan koperasi di berbagai keadaan persaingan


Di Pasar Persaingan SempurnaA
a.       Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
b.      Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
c.       Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
d.      Para pembeli dan penjual memiliki informasi
Di Pasar Monopolistik
Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
a.       Produk yang dihasilkan tidak homogeny
b.      Ada produk substitusinya
c.       Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
d.      Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi
e.       berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualny
Di Pasar Monosponi
Disini ada banyak penjual tetapi hanya ada satu pembeli
Di Pasar Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar. Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga. Untuk menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu dan bentuk produk.
a.       Penawaran Harga yang bersifat Predator
b.      Price Leadership
c.       Price Leadership oleh Perusahaan dengan Biaya terendah
Sumber:
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/ekonomi-koperasi/peranan-koperasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar